Percobaan 3

 Komunikasi I2C Menggunakan Arduino


1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

       
  1. Arduino Uno



        2. Keypad




      3. LCD

     

Diagram Blok:




2. Prosedur Percobaan  [Kembali]

Rangkai semua komponen 
+ Buka Arduino IDE dan masukan listing Program
+ Upload program ke arduino
+ jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul




Prinsip Kerja

       Pada rangkaian ini terdapat 2 arduino yaitu master dan slave. Master bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan yang diinput dari keypad, sementara slave sebagai penerima dan menampilkan pesan tersebut pada LCD. Keduanya berkomunikasi melalui komunikasi I2C yang memungkinkan perangkat mikrokontroler saling berkomunikasi secara digital melalui pin SDA dan SCL .
    Pada Arduino Master, inisialisasi komunikasi I2C dilakukan dengan memanggil fungsi 'Wire.begin()', yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai master dalam komunikasi I2C. Arduino Master terhubung pada sebuah keypad untuk memasukkan karakter. Setiap kali tombol ditekan, karakternya dikirimkan melalui jalur I2C ke Slave. 
       Pada Arduino Slave, juga terdapat inisialisasi komunikasi I2C dengan memanggil Wire.begin(4), yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai slave dengan alamat I2C 4. Pada Arduino Slave, ketika ada data yang diterima melalui jalur I2C dari master, fungsi 'receiveEvent' akan dipanggil secara otomatis. Di dalam fungsi ini, karakter yang diterima dibaca menggunakan 'Wire.read()' dan ditambahkan ke dalam variabel 'message'. Jika panjang pesan sudah lebih dari 16 karakter, karakter pertama akan dipotong agar pesan tetap dalam batas 16 karakter. Setelah itu, pesan akan ditampilkan pada LCD dengan memanggil fungsi 'displayMessage()'. Jika karakter yang ditekan lebih dari 1 maka karakter baru akan muncul di beseblah kanan karakter sebelumnya karna terdapat fungsi 'col++'.
      Dengan prinsip kerja ini, data dapat dikirim dari Arduino Master ke Arduino Slave melalui jalur I2C, dan Arduino Slave akan menampilkan pesan yang diterima pada layar LCD. 

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Master Arduino:


Slave Arduino: 



Listing Program:

Master
// Master #include <Keypad.h> // Library untuk keypad #include <Wire.h> // Library untuk I2C communication // Deklarasi jumlah baris dan kolom keypad beserta karakternya const byte ROWS = 4; const byte COLS = 3; char keys[ROWS][COLS] = { {'A', 'B', 'C'}, {'D', '5', '6'}, {'7', '8', '9'}, {'*', '0', '#'} }; // Pin yang digunakan untuk menghubungkan keypad dengan Arduino char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; char colPins[COLS] = {5, 4, 3}; // Inisialisasi objek Keypad Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS); void setup() { Wire.begin(); // Memulai komunikasi I2C } void loop() { // Mendapatkan karakter yang ditekan pada keypad char key = keypad.getKey(); if (key) { // Mengirim karakter melalui komunikasi I2C Wire.beginTransmission(4); // Mulai transmisi ke perangkat dengan alamat #4 Wire.write(key); Wire.endTransmission(); // Berhenti transmisi } }


Slave

// Slave Versi Biasa #include <LiquidCrystal.h> #include <Wire.h> // Inisialisasi objek lcd dengan pin yang sesuai LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Variabel untuk menyimpan posisi kolom dan baris saat ini int col = 0; // Kolom saat ini (dimulai dari 0) int row = 0; // Baris saat ini (dimulai dari 0) void setup() { // Mulai LCD dengan ukuran 16x2 lcd.begin(16, 2); // Mulai komunikasi dengan bus I2C dengan alamat #4 Wire.begin(4); // Daftarkan fungsi receiveEvent() sebagai event ketika data diterima dari master Wire.onReceive(receiveEvent); // Mulai komunikasi serial dengan kecepatan 9600 bps Serial.begin(9600); } void loop() { // Tunda eksekusi program selama 100 milidetik delay(100); } // Fungsi yang dieksekusi ketika data diterima dari master void receiveEvent(int howMany) { // Baca data yang diterima sebagai karakter char c = Wire.read(); // Tampilkan karakter yang diterima melalui komunikasi serial Serial.println(c); // Periksa apakah posisi kolom sudah melebihi batas LCD if (col >= 16) { col = 0; // Reset ke posisi kolom awal row++; // Pindah ke baris berikutnya // Periksa apakah sudah mencapai batas baris LCD if (row >= 2) { row = 0; // Kembali ke baris awal } // Set posisi kursor LCD ke posisi baru lcd.setCursor(col, row); } // Tampilkan karakter yang diterima ke LCD lcd.write(c); // Pindah ke kolom berikutnya col++; }


5. Kondisi [Kembali]

Ketika keypad di tekan maka akan menampilkan karakter pada LCD, karakter yang di tampilkan mengalami scroll ke kanan pada kolom pertama.


᭒ HTML↠ klik disini

Rangkaian ↠ klik disini

᭒ Video Percobaan↠ klik disini

᭒ Program Master↠ klik disini

᭒ Program Slave↠ klik disini

᭒ Datasheet Arduino↠ klik disini

᭒ Datasheet LCD↠ klik disini

᭒ Datasheet Keypad↠ klik disini

    










Komentar

Postingan populer dari blog ini