Percobaan 3

 Komunikasi I2C Menggunakan Arduino

1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

        1. Arduino Uno


        2. Keypad




      3. LCD

        4. Potensiometer




       5. Power Supply


     6. Ground




Diagram Blok:



2. Prosedur Percobaan  [Kembali]

Rangkai semua komponen 
+ buat program di aplikasi arduino IDE
+ setelah selesai masukkan program ke arduino 
+ jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul



Prinsip Kerja

    Pada rangkaian ini terdapat 2 arduino yaitu master dan slave. Master bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan yang diinput dari keypad, sementara slave sebagai penerima dan menampilkan pesan tersebut pada LCD. Keduanya berkomunikasi melalui komunikasi I2C yang memungkinkan perangkat mikrokontroler saling berkomunikasi secara digital melalui pin SDA dan pin SCL.
    Pada Arduino Master, inisialisasi komunikasi I2C dilakukan dengan memanggil fungsi 'Wire.begin()', yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai master dalam komunikasi I2C. Arduino Master terhubung pada sebuah keypad untuk memasukkan karakter. Setiap kali tombol ditekan, karakternya dikirimkan melalui jalur I2C ke Slave. 
       Pada Arduino Slave, juga terdapat inisialisasi komunikasi I2C dengan memanggil Wire.begin(9), yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai slave dengan alamat I2C 9. 
Pada Arduino Slave, ketika ada data yang diterima melalui jalur I2C dari master, fungsi 'receiveEvent' akan dipanggil secara otomatis. Di dalam fungsi ini, karakter yang diterima dibaca menggunakan 'Wire.read()' dan ditambahkan ke dalam variabel 'message'. Jika panjang pesan sudah lebih dari 16 karakter, karakter pertama akan dipotong agar pesan tetap dalam batas 16 karakter. Setelah itu, pesan akan ditampilkan pada LCD dengan memanggil fungsi 'displayMessage()'.
      Dengan prinsip kerja ini, data dapat dikirim dari Arduino Master ke Arduino Slave melalui jalur I2C, dan Arduino Slave akan menampilkan pesan yang diterima pada layar LCD. 

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Master Arduino:


Slave Arduino: 



Listing Program:

Master
#include <Keypad.h> const byte ROWS = 4; // Jumlah baris pada keypad const byte COLS = 4; // Jumlah kolom pada keypad // Matriks keypad char keys[ROWS][COLS] = { {'7','8','9','A'}, {'4','5','6','B'}, {'1','2','3','C'}, {'*','0','#','D'} }; // Pin yang terhubung ke baris keypad byte rowPins[ROWS] = {7, 8, 9, 10}; // Pin yang terhubung ke kolom keypad byte colPins[COLS] = {3, 4, 5, 6}; // Membuat objek keypad Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS); void setup() { Serial.begin(9600); Wire.begin(); // Mulai komunikasi I2C sebagai master } void loop() { char key = keypad.getKey(); // Membaca tombol yang ditekan pada keypad if (key != NO_KEY) { // Jika tombol ditekan Serial.println(key); // Tampilkan tombol yang ditekan di serial monitor Wire.beginTransmission(9); // Mulai transmisi ke slave dengan alamat 9 Wire.write(key); // Kirim tombol yang ditekan ke slave Wire.endTransmission(); // Akhiri transmisi delay(100); // Tunda sebentar untuk menghindari bouncing pada tombol } }


Slave

#include <Wire.h> #include <LiquidCrystal.h> LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Inisialisasi objek LCD dengan pin yang terhubung String message = ""; // Pesan yang akan ditampilkan di LCD void setup() { lcd.begin(16, 2); // Inisialisasi LCD dengan ukuran 16x2 Wire.begin(9); // Mulai komunikasi I2C sebagai slave dengan alamat 9 Wire.onReceive(receiveEvent); // Panggil fungsi receiveEvent() saat menerima data dari master } void loop() { // Tidak ada yang perlu dilakukan di loop() } void receiveEvent(int byteCount) { while (Wire.available()) { char receivedChar = Wire.read(); // Baca karakter yang diterima dari master message += receivedChar; // Tambahkan karakter ke pesan if (message.length() > 16) { // Jika panjang pesan lebih dari 16 karakter message = message.substring(1); // Potong karakter pertama dari pesan } displayMessage(); // Tampilkan pesan pada LCD } } void displayMessage() { lcd.clear(); // Bersihkan layar LCD lcd.setCursor(0, 0); // Set posisi kursor di baris pertama lcd.print(message); // Tampilkan pesan di LCD }


5. Kondisi [Kembali]

    Pada kondisi 6 dari percobaan 3, Key A - D menampilkan huruf A - D secara berurut, huruf yang ditampilkan mengalami scroll ke kanan pada kolom pertama



᭒ HTML↠ klik disini

Rangkaian ↠ klik disini

᭒ Video Percobaan↠ klik disini

᭒ Datasheet Arduino↠ klik disini

᭒ Datasheet LCD↠ klik disini

᭒ Datasheet Keypad↠ klik disini

᭒ Datasheet Potensiometer↠ klik disini











Komentar

Postingan populer dari blog ini